Lontong Kupang Surabaya


Kuliner ini jelas tidak akan anda dapati di tempat lain, cuman ada di Surabaya dan Sidoarjo saja. Bahan utama dari masakan ini adalah kupang, yakni sejenis kerang kecil yang memiliki cangkang lembut. Hewan ini biasanya ada di hulu hulu sungai yang mengarah ke laut. Tidak semua orang menyukai makanan ini karena faktor alergi. Namun jangan khawatir, sebagai penangkalnya adalah es kelapa muda yang memang biasanya dihidangkan menyertai kuliner ini. 


Masakan ini terdiri dari lontong, kupang, bawang goreng dan tidak lupa petis sebagai bumbunya, biasanya dihidangkan bersama sate kerang. Penjual lontong kupang ini banyak anda temui di sekitar pantai Kenjeran dan daerah depan Comfeed Sidoarjo. Dulu masih banyak penjual lontong kupang yang menjajakan kuliner ini dengan cara dipanggul, namun sangat sulit sekarang untuk menjumpai pedagang lontong kupang ini. Harga yang ditawarkan beragam, biasanya dengan 8 ribu rupiah kita sudah bisa menikmatinya ditambah dengan 2 tusuk sate kerang kecil.


Bagi saya makanan ini sangat bersejarah dan perlu dilestarikan, maklum sangat sulit sekali untuk mendapatkan lontong kupang di Surabaya sekarang. Sebenarnya perlu perhatian pemerintah daerah untuk membudidayakan dan melestarikan kuliner daerah ini.  

Comments

Popular posts from this blog

TAMAN BMX DAN SKATEBOARD SURABAYA

Sejuknya Taman Prestasi Surabaya

Lokomotif Tua DI Stasiun Surabaya Pasar Turi