Lima Wisata Populer di Surabaya

Kebanggaan akan kota kelahiran memang harus dimiliki setiap orang, hal ini bukan semata untuk menunjukkan ego kedaerahan semata. Namun semata menunjukkan keberagaman akan budaya dan kekayaan daerah masing masing.
Berikut ini adalah Lima Wisata Populer yang wajib anda kunjungi jika sedang berkunjung ke Surabaya.

1. Jembatan Suramadu (Surabaya Madura)

Jembatan yang mulai dibangun tahun 2003 dan selesai 6 tahun kemudian ini merupakan proyek prestisius bangsa Indonesia, dengan menelan anggaran hampir 4.5 triliun rupiah ini tidak hanya menjadi kebanggaan Surabaya melainkan kebanggaan bangsa Indonesia. Jembatan ini menghubungkan pulau Jawa dengan Madura dengan panjang 5438 meter. Dengan tiket masuk untuk motor sebesar 3 ribu rupiah dan mobil 30 ribu rupiah di akhir pekan banyak dipadati pengunjung baik yang hendak pergi ke Madura atau hanya sekedar berwisata saja.

2. Tugu Pahlawan

Monumen bersejarah ini dibangun untuk memperingati keberanian arek arek Suroboyo dalam pertempuran melawan Belanda dan sekutunya pada tanggal 10 November 1945. Tugu Pahlawan hanya memerlukan waktu 10 bulan dalam tahap pembangunannya, dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1952. Berada di tengah kota Surabaya tepatnya sebelah kantor BI dan di depan kantor Gubernur Jawa Timur, monumen ini juga memiliki museum di kompleknya dan dibuka setiap akhir pekannya. [Tugu Pahlawan berwarna-warni di malam hari]

3. Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang yang sekarang sedang mengalami situasi pelik karena masalah internal ini pernah menjadi Kebun Binatang terlengkap di Asia Tenggara pada masa jayanya. Banyak satwa satwa penghuninya yang mati menjadikan kebun binatang ini banyak disorot oleh para pemerhati lingkungan. Kebun binatang ini telah ada sejak tahun 1916 di zaman kolonial Belanda. Dengan luas kurang lebih 15 hektar sebenarnya kebun binatang ini bisa menjadi tempat wisata yang menarik jika dikelola dengan benar. Terakhir penulis mengunjungi tempat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Banyak hewan mamalia besar seperti Gajah, jerapah, harimau, singa dll telah banyak berkurang jumlahnya. Di dalam nya lebih banyak ditemui pedagang asongan daripada satwa satwa itu sendiri. Tiket masuk Kebun Binatang Surabaya adalah sebesar 15 ribu rupiah.

4. Taman Bungkul Surabaya


Taman yang menjadi ikon taman taman di Surabaya ini pernah menjadi sorotan nasional gara gara sang Walikota Tri Rismaharini marah marah akibat kondisi taman rusak setelah diadakan event atau acara oleh perusahaan yang memproduksi es krim. Taman ini sebenarnya identik dengan nama Mbah Bungkul yang makam beliau kebetulan ada di belakang taman tersebut. Taman ini pernah mendapat penghargaan dari PBB pada tahun 2013 sebagai taman terbaik se ASIA. Taman ini banyak dipadati warga Surabaya pada akhir pekan, maklum fasilitas yang ada di taman ini terbilang cukup lengkap. Dan yang terpenting adalah GRATISS.

5. Monumen Kapal Selam
Monumen kapal selam atau disingkat Monkasel, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota, monumenini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatanUni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan BelandaKapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film, di mana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, maka akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang terdapat di sana dengan harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TAMAN BMX DAN SKATEBOARD SURABAYA

Sejuknya Taman Prestasi Surabaya

Kuliner Yang Terpinggirkan "Semanggi Surabaya"